417,289,880.09 to buy ‘Mie Ayam’

28May08

Beberapa bulan lalu saat saya mengikuti training di Rumbai, Mentor kami, Mick Crabbe, berteriak girang di depan kelas. Sembari kedua tanggannya memegang segepok uang pecahan 50.000 rupiahan hasil penukarannya di money changer dan senyum nyengir, kakek-kakek asal Scotlandia ini bilang: “I am Rich ha..ha..ha..”. Salah satu alasan kenapa dia bilang begitu adalah baru kali ini dia memegang uang dengan begitu banyak jumlah angka “nol”.

Hal serupa juga terjadi kepada saya saat minggu lalu jalan-jalan ke Vietnam. Saya juga mengalami kegirangan yang hampir serupa saat mengetahui bahwa saya mendapatkan 1 USD setara dengan 16.000 Vietnam Dong. Cukup surprise, mengingat diperjalanan sebelumnya di Kamboja, riel lebih bagus nilai tukarnya terhadap USD dibandingkan dengan rupiah. Kegirangan saya mereda tatkala Made, teman seperjalanan saya, bilang bahwa Zimbabwe adalah negara yang lebih ‘heboh’ dalam urusan tukar-menukar dan jumlah nolnya apabila dionversi dari dollar. Iseng-iseng saya coba buka situs currency exchange, dan memang benar….ada yang lebih heboh. Seberapa heboh??? Ambilah contoh kita membeli mie ayam seharga 9000 rupiah, maka kita akan membayarnya dalam satuan mata uang Zimbabwe Dollar sebanyak: 417.289.880,09!!

setelah melakukan spot check ke beberapa nilai tukar mata uang dari www.xe.com, saya mendapatkan bahwa 1 USD = 1.345 Somalia Shilling. Lebih OK dari rupiah:D



No Responses Yet to “417,289,880.09 to buy ‘Mie Ayam’”

  1. Leave a Comment

Leave a comment